sepak bola Indonesia sudah men-dunia

sepak bola Indonesia sudah men-dunia. Indonesia adalah sebuah negara yang cukup lama menggeluti dunia olah raga sepak bola, bahkan sejak masih dalam masa penjajahan kolonial Belanda. Indonesia sudah memiliki asosiasi sepak bola (PSSI) sejak tahun 1930. Skuad sepak bola Indonesia sudah dikenal dunia oleh dunia sejak partisipasinya di Piala Dunia 1938 di Perancis. Memang, pada saat itu bukan PSSI yang memberangkatkan tim Indonesia, tapi NIVU (Netherlandcshe Indische Voetbal Unie) yaitu asosiasi sepak bola yang didukung oleh pemerintah kolonial belanda dan NIVU lebih diakui ketimbang PSSI. Para pemain yang terdiri dari suku jawa, maluku, tionghoa dan indo-Belanda dan pelatih dari belanda Johannes Cristoffel van Mastenbroek di ajang Piala Dunia tersebut digunduli oleh tim Hungaria 6 gol tanpa balas.

Walaupun demikian adanya, Indonesia akhirnya tercatat sebagai negara pertama yang mewakili benua asia di Piala Dunia. Bukan hanya itu saja, tercatat juga dalam sejarah bahwa teknik permainan para pemain kita sungguh brilian, pemain depan tim ini punya gaya menggocek bole yang luar biasa.

sepak bola dunia

sepak bola indonesia mendunia

Berdasarkan kutipan dari  catatan sejarah di atas, sudah sepantasnya tim sepak bola Indonesia saat ini memiliki kemampuan dan prestasi kelas dunia dalam olah raga sepak bola. Sangat masuk akal. Bagaimana tidak, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak dari berbagai suku yang semestinya bisa dilakukan penyaringan yang ketat dalam memilih para pemain untuk memenuhi skuadnya. Keuntungan sebuah negara yang berpenduduk banyak adalah sebuah dukungan yang banyak pula dari saudara sebangsanya. Jika di semua lini asosiasi persepak-bila-an Indonesia memiliki etos kerja yang tinggi, bukannya tidak mungkin Indonesia bisa menjadi Juara Dunia sepak bola walau tanpa pelatih dari luar negeri. Semoga segala harapan yang baik bagi tim Garuda kita akan segera terwujud dan terlaksana. Kita yakin kita bisa.

baca artikel lainnya di : http://guepunyacerita.com/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *