Tips untuk Mendapatkan IPK Tinggi

Tips untuk mendapatkan IPK Tinggi- IPK tinggi merupakan dambaan bagi para mahasiswa karena dengan memiliki IPK cumlaude tentu akan lebih mudah memperoleh pekerjaan dan tentunya akan bisa membahagiakan orang tua. Ada beberapa langkah untuk mendapatkan IPK tinggi tersebut, bagi para mahasiswa baru sebaiknya mengetahui cara-cara jitu berikut ini.

  1. Menuliskan target IPK tiap semester

Cara pertama untuk mendapatkan IPK tinggi yaitu bisa menuliskan target IPK tiap semester sehingga akan dappat mendorong kemauan hati untuk berusaha mendapatkan angka tersebut. Impikan ketika Anda memperoleh IPK bagus tentunya Anda akan makin disayang oleh orangtua dan juga memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi. Tanggung jawab Anda akan lebih besar ketika telah menuliskan IPK yanga akan di capai.

  1. Memprioritaskan kuliah dan mengerjakan tugas

Bagi para mahasiswa baru jangan terlalu terlena dengan kebebasan ataupun jalan-jalan tidak jelas. Sebaiknya Anda menuangkan waktu sepenuhnya untuk mengerjakan tugas kuliah dengan benar. Nah, ketika tugas sudah beres maka Anda bisa jalan-jalan atau memberi reward pada diri Anda yang telah berusaha dengan keras untuk menyelesaikan tugas secara maksimal.

  1. Memperbanyak referensi buku

Ketika Nada memiliki waktu luang atau hari libur maka sempatkanlah untuk membeli buku agar memperoleh pengetahuan yang luas. Bila Anda sudah mengetahui hal-hal yang akan di bahas dosen dan Anda aktif untuk menanggapi tentunya akan mendapatkan nilai khusus dari dosesn. Nah, untuk menanggapi suat masalah tentunya Anda sudah mengerti atau sudah membaca buku, maka perbanyaklah mambaca buku apapun. Bila Anda ingin berhemat maka bisa mengunjungi perpustakaan untuk mendapatkan buku-buku yang Anda inginkan.

  1. Berlatih untuk bertanya dan menjawab pertanyaan

Sebeum kuliah maka hendaknya anda persiapkan dengan menghayal sedikit tentang materi kuliah danĀ  menyiapkan sebuah pertanyaan. Dosen akan senang bila ada banyak pertanyaan yang bisa di diskusikan. Selain itubila ada kesempatan untuk menjawab pertanyaan atau menanggapi maka gunakanlah waktu itu untuk mengeluarkan segala pengetahuan Anda. Dosen tentu akan lebih senang bila ada mahasiswa yang mau menanggapi dengan antusias dan dengan tanggapan yang baik pula.

  1. Membaca catatan kuliah minimal 1 jam tiap hari

Setelah selesai kuliah pastinya Anda memiliki catatan-catatan kecil yang bisa di ulang ketika sudah selesai kuliah. Anda bisa mengulangnya selama satu jam saja sehingga bahan diskusi ataupun materi yang ada akan terekam dengan baik dalam pikiran dan tidak mudah hilang begitu saja.

  1. Belajar bersama atau diskusi dengan teman

Belajar dengan teman atau sharing seputar materi kuliah tentu akan sangat membantu untuk mendalami suatu materi yang belum diketahui. Dengan belajar bersama tentunya juga akan mendapatkan hasil yang lebih baik daripada hanya berdasarkan patokan sendiri.

  1. Berdoa, berpasrah diri pada yang kuasa

Setelah berusaha secara maksimal tentunya anda bisa berdoa dan beribadah dengan rajin. Segala usaha telah di maksimalkan akan tetapi bila rencana Yang Maha Kuasa berbanding terbalik dengan rencana Anda maka juga tidak akan terealisasi dengan baik.

Itulah tips untuk mendapatkan IPK tinggi, percaya pada kemampuan Anda dan tetap berusaha dengan maksimal. Cara yang terbaik ialah berusaha dengan mencari ridho Yang Maha Kuasa sehingga bila Anda melakukan cara-cara yang tidak pantas maka tentu akan menghilangkan segala usaha yang telah dilakukan. Selamat berjuang dengan cara-cara yang baik.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *