Khasiat Luar Biasa dari Daun Sirsak

Khasiat Luar Biasa dari Daun Sirsak – Buah sirsak selain rasanya yang lezat dan manis juga ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Dalam buah sirsak terkandung senyawa-senyawa yang bermanfaat seperti serat, karbohidrat, kalium, Vitamin C, kalsium, air, serta lemak. Kandungan serat tersebut dapat membantu dalam melancarkan pencernaan dan juga mertabolisme dalam tubuh, karbohidratnya pun ternyata lebih sehat dibandingkan dengan karbohidrat yang terdapat dalam kue karena justru dapat berdampak buruk pada kadar gula seseorang. Dan ternyata selain buahnya, daun sirsak pun memiliki begitu banyak manfaat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Daun sirsak dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal atau obat alami yang dapat diterapkan dalam keseharian. Dalam daun sirsak terkandung senyawa aktif seperti flavonoid, tannin, alcaloid, saponin, kalsium, fosfor, karbohidrat, vitamin A, B dan C, fitosteral, dan kalsium oksalat.

Berikut ini khasiat dari daun sirsak sebagai obat alami, di antaranya yaitu :

1.Mengobati Kanker

Dalam ekstrak daun sirsak terdapat senyawa annonaceae yang memiliki aktifitas sebagai anti kanker. Senyawa ini dapat membunuh sel kanker dan memicu apoptosis atau mekanisme bunuh diri sel.

2.Mengobati Asam Urat

Daun sirsak memiliki senyawa acetoginin yaitu bulatacin, asimisin dan squamosi yang fungsinya untuk melawan sel penyakit. Selain itu juga memiliki anti inflamasi sehingga baik untuk mengobati penyakit dalam dan salah satunya adalah asam urat.

3.Mengobati Diabetes

Beberapa zat yang terkandung dalam daun sirsak seperti lemak, vitamin A, vitamin B, fruktosa, protein, kalsium senyawa alkaloid, saponin, flavonoid, steroid dan asetogenin yang membantu tubuh dalam mengendalikan gula darah agar tetap berada dalam batas normal.

4.Menurunkan Kolesterol

Dengan senyawa anti hiperlipidemia yang terdapat pada daun sirsak dpat membantu menurunkan kadar lemak jahat atau LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh.

5.Meningkatkan Sistem Imun

Senyawa antioksidan dalam daun sirsak dapat memperkuat sistem imun pada tubuh manusia serta meningkatkan kemampuan sel kekebalan tubuh dalam menangkal mikroorganisme dan radikal bebas yang dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit.

6.Mengobati Sakit Liver

Senyawa ekstrak ethanol memiliki pengaruh yang positif pada organ hati. Melindungi liver serta hati dari racun dan efek radikal bebas. Dengan menggunakan ramuan daun sirsak dapat membersihkan serta mengobati masalah kesehatan yang menyerang organ hati.

7.Mengobati Hipertensi

Kandungan antioksidan dalam daun sirsak dapat melebarkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah.

8.Mengobati Ambeien

Dalam daun sirsak terdapat zat yang dapat menghentikan pendarahan pada anus dan mampu mebuat otot di sekitar anus menjadi lebih rileks sehingga pembengkakan dapat berkurang sedikit demi sedikit dan penyakit ambeien pun dapat diatasi.

9.Mengatasi Depresi dan Stres

Senyawa alkaloids, anonaine, nornuciferine dan asimilobine dapat berfungsi sebagai anti depresant. Yaitu senyawa yang dapat menghambat terjadinya stres dan meicu otak dalam memproduksi senyawa serotonin yang bersifat menenangkan saraf serta meredakan stres.

10.Mempercepat Peyembuhan Luka

Penyembuhan luka ini dikarenakan adanya senyawa etil asetat dan antioksidan sehingga mampu mempercepat penyembuhan luka.

Itulah beberapa khasiat yang dapat diperoleh dari daun sirsak dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Namun demikian alangkah bijaksana bila berkonsultasi dengan dokter anda dalam mengkonsumsi daun sirsak.

 

 

 

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *