Tips untuk Memperbaiki Kadar Kolesterol

Tips untuk Memperbaiki Kadar Kolesterol – Mungkin sudah sering mendengar tentang kata kolesterol. Bagi sebagian orang kolesterol adalah sesuatu yang tidak baik ketika menimbulkan masalah. Perlu diketahui bahwa kolesterol ada yang yaitu HDL ( High Density Lipoprotein) dan kolesterol yang tidak baik atau jahat yang disebut dengan LDL (Low Density Lipoprotein).

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk memperbaiki kadar kolesterol agar berada dalam batas kolesterol normal, yaitu :

-Membatasi asupan lemak jenuh

Lemak jenuh adalah lemak yang berasal dari hewan, terutama kulit unggas, produk susu, daging merah yang berasal dari sapi, domba dan babi. Konsumsi yang tersebut sebaiknya dibatasi karena dapat mengakibatkan meningkatnya produksi kolesterol jahat dalam tubuh.Dalam suatu diet yang bernama diet mediteranian, konsumsi daging merah hanya dianjurkan satu kali dalam satu bulan.

-Menghindari lemak trans

Lemak trans atau trans fat membawa akibat yang lebih berbahaya dibandingkan dengan lemak jenuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL) serta menurunkan kolesterol baik.

-Usahakan agar berat badan stabil (berat badan normal)

Seringkali kadar kolesterol menjadi baik berbarengan dengan menurunnya berat badan. Dan agar kadar kolesterol normal, pertahankan berat badan normal.

-Berolahraga secara teratur

Sempatkan untuk berolahraga setiap hari seperti jogging, jalan atau bersepeda dan berenang. Dengan berolahraga, kadar kolesterol yang tinggi dapat menjadi normal. Lakukan secara teratur atau lima kali dalam satu minggu.

-Menghentikan kebiasaan merokok

Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Dengan tidak merokok maka akan menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh hingga 10 persen dan tekanan darah akan turun.

-Rutin mengunjungi dokter

Bila memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau jantung maka sebaiknya rutin untuk berkonsultasi atau memeriksakan diri ke dokter.

 

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *