Tips Menabung Efektif untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga mungkin adalah sebuah posisi yang terdengar mudah bagi mereka yang belum pernah menjalaninya. Namun, menjadi ibu rumah tangga tak semudah itu. Seorang ibu rumah tangga bahkan harus pintar menjadi istri, ibu hingga ahli keuangan. Maksudnya adalah, ibu rumah tangga harus mampu untuk mengatur keuangan keluarga, dalam hal ini adalah gaji suami, agar cukup untuk setiap bulannya. Jika gaji dari suami cukup besar, mungkin mengatur keuangan rumah tangga tidak terlalu sulit. Namun bagaimana jika gaji suami kecil? Tentu saja akan lebih tricky. Oleh karena itu, ibu rumah tangga harus lebih cerdas dalam menyisihkan uang dan di bawah ini merupakan cara menabung dengan mudah yang dapat dipraktekkan oleh ibu rumah tangga.
1. Sisihkan Uang Belanja Anda
Tips Menabung Ibu Rumah Tangga
Ini adalah sebuah cara yang mudah dan lebih banyak dipakai oleh ibu rumah tangga. Anda dapat menyisihkan sejumlah uang dari jatah uang belanja harian anda. misalnya saja anda dapat menyisihkan dana sebesar 10 ribu rupiah setiap hari, maka satu bulan anda dapat memperoleh tabungan sebanyak 300 ribu.
2. Ikuti Arisan dengan Teman
Cara kedua ini mungkin sebuah cara yang sangat menyenangkan, terutama bagi kaum wanita. Dengan mengikuti arisan, mau tidak mau anda harus menyisihkan uang untuk disetorkan dalam grup arisan anda. uang ini dapat menjadi uang darurat yang dapat digunakan sewaktu waktu jika dibutuhkan. Akan lebih baik jika anda membentuk grup arisan dengan teman teman yang sudah dipercaya atau dengan keluarga. Bagaimana jika anda ingin ikut grup arisan orang lain? Boleh boleh saja, asalkan anda yakin betul jika grup tersebu terpercaya dan memiliki sistem yang jelas.
3. Menabung dengan Uang Koin
Tips Menabung Ibu Rumah Tangga uang koin
Sering menjumpai uang koin di rumah? Jangan sepelekan uang koin tersebut. Biasanya saat berbelanja, sering bukan anda memperoleh uang kembalian dalam bentuk koin? Uang koin tersebut dapat anda kumpulkan. Meskipun uang koin bernilai kecil, namun jika dikumpulkan akan berjumlah besar juga. Setelah berjumlah banyak, anda dapat menukarkan koin ini di supermarket, pasar atau bank bank.
4. Hemat dalam Berbelanja
Maksudnya untuk lebih hemat berbelanja adalah anda tidak harus mencari bahan berkualitas buruk asalkan harganya murah. Lebih hemat berbelanja dapat dilakukan dengan cara misalnya anda terbiasa berbelanja barang kebutuhan di supermarket, terutama untuk sayur dan buah, tak ada salahnya jika anda mengubahnya dengan cara berbelanja di pasar tradisional. Pasar tradisional menawarkan harga yang lebih murah dan anda dapat memilih sendir barangnya. Nah, sisa uang belannjaan ini dapat anda gunakan untuk menabung.
5. Hindari Pengeluaran yang tidak Penting
Tips Menabung Ibu Rumah Tangga mengatur keuangan
Selain dari tips tips yang diatas, anda juga dapat menabung dari uang pengeluaran seperti misalnya pengeluaran untuk air, listrik, pulsa dan lain sebagainya. Jika anda dapat lebih berhemat dan tidak boros, maka pengeluaran untuk hal hal tersebut pun akan berkurang dan tidak terlalu besar bukan? Nah, uangnya pun dapat anda gunakan untuk menabung. Dengan arti kata lain, anda dapat mengumpulkan uang dari hal hal kecil sekitar anda.
Dari hal hal diatas, kita dapat mengenatui bahwa ibu rumah tangga pun memiliki kesempatan untuk menabung asalkan memang dilandasi dengan niat dan dilakukan dengan konsisten. Meskipun ibu rumah tangga tidak secara langsung bekerja dan mendapatkan gaji, namun uang tabungan tersebut dapat digunakan sewaktu waktu.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *