Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Menurunkan Kolesterol Secara Alami – Kolesterol seringkali selalu dianggap negatif selama ini. Hampir setiap orang menghindari makanan yang berkolesterol karena dapat menyebabkan sakit jantung katanya. Padahal ini mungkin saja benar dan tidak. Nah, seberapa jauh mengetahui tentang kolesterol?

Kolesterol adalah lilin, seperti lemak yang ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Walaupun selama ini zat ini dianggap negatif namun sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh. Zat ini dibutuhkan untuk membuat hormon seperti hormon testosteron, kortisol dan estrogen, vitamin D dan asam empedu yang memiliki fungsi untuk membantu mencerna lemak dari makanan. Dan tubuh itu sendiri sebenarnya dapat membuat semua zat tersebut sesuai dengan kebutuhan tetapi mungkin hanya dalam jumlah kecil.

Nah, bila anda mengalami keadaan di mana kolesterol meningkat tinggi, sebaiknya konsumsi beberapa makanan yang dapat menurunkan kolesterol secara alami. Makanan tersebut di antaranya adalah :

1.Buncis, merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh penderita diabetes dan memiliki kadar lemak yang rendah.

2.Bayam, berfungsi menjaga kesehatan mata dan juga sebagai pelindung jantung serta melindungi jantung dari lemak yang berada pada pembuluh darah. Sayuran ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3.Beras Merah, selain karena kandungan seratnya yang tinggi sehingga dapat membantu untuk menurunkan gula darah juga menurunkan lemak darah. Beras merah memiliki kandungan vitamin B, selium, magnesium dan fitonutrien.

4.Gandum, adalah sereal yang bergizi sebagai penurun kolesterol trigliserida darah dan mengatur kadar gula dalam darah. Gandum bila dikonsumsi secara rutin akan dapat menurunkan kolesterol tinggi.

5.Kedelai, mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat. Kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang paling ampuh.

6.Biji Bunga matahari, mengandung sterol yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Di samping sayuran tersebut di atas, ada beberapa buah-buahan yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, yaitu :

1.Anggur, mengandung senyawa flavonoid yang berguna untuk menurunkan kolesterol serta mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas.

2.Alpukat, memiliki sumber lemak tak jenuh yang dapat membantu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik serta menurunkan kadar kolesterol yang jahat dalam tubuh.

3.Mangga, mengandung banyak serat prebiotik yang dapat memabntu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

4.Tomat, merupakan sumber likopen yang dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

5.Jambu Merah, mengandung banyak vitamin serta senyawa baik seperti flavonoid, vitamin C dan E serta karotenoid dan selenium.

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *