Kenali Gejala Kanker Payudara Stadium 1 Sejak Dini Sebelum Terlambat

Kenali Gejala Kanker Payudara Stadium 1 Sejak Dini Sebelum Terlambat  – Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia yang sangat sulit untuk di sembuhkan. Kanker merupakan suatu kondisi sel yang mekanismenya tidak bisa dikendalikan secara normal sehingga terjadi pertumbuhan sel yang abnormal. Ada banyak jenis kanker seperti kanker rahim, kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat, kanker perut, kanker otak dan yang lainnya.

Salah satu jenis kanker yang umumnya menyerang wanita yaitu kanker payudara tapi kanker jenis ini juga dapat menyerang kaum pria walaupun jumlahnya sangat sedikit. Kanker dapat disembuhkan jika dilakukan perawatan dan pengobatan yang dimulai sejak awal atau pada saat masih stadium 1. Ada baiknya mengenal dan mengetahui gejala awal kanker sebelum terlambat. Gejala kanker payudara pada tahap stadium 1 antara lain :

  • Timbulnya benjolan disekitar payudara, pada umumnya benjolan ini tidak selalu menimbulkan rasa sakit. Tapi tidak semua benjolan merupakan gejala kanker payudara. Ada baiknya selalu waspada dengan berkonsultasi ke dokter.
  • Perubahan pada warna kulit payudara, kulit pada payudara akan menjadi kemerahan seperti terjadi iritasi, tekstur kulit pun menjadi seperti kulit jeruk disertai dengan penebalan kulit.
  • Puting terasa sakit, ini merupakan tanda awal dari kanker payudara. Adanya perubahan pada puting disertai rasa nyeri dan adanya cairan yang keluar dari puting.
  • Timbulnya benjolan pada ketiak, jaringan payudara meluas hingga di bawah ketiak karena itulah kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah gening di bawah ketiak.

Rajinlah untuk melakukan pemeriksaan payudara yang dapat dilakukan sendiri setiap bulan. Jika merasakan sesuatu yang tidak biasa pada payudara seperti gejala-gejala di atas segera berkonsultasi dengan dokter. Alangkah baiknya untuk melakukan pencegahan sebelum gejala tersebut muncul dengan rutin mengkonsumsi obat herbal yang terbuat dari bahan alami.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *