Cara Merawat Luka Pada Penderita Diabetes Agar Cepat Sembuh

Cara Merawat Luka Pada Penderita Diabetes Agar Cepat Sembuh – Luka pada tubuh memang harus segera diobati agar cepat sembuh agar tidak infeksi. Namun bagi penderita diabetes, luka pada tubuh akan sulit disembuhkan dan jika dilakukan perawatan yang tepat maka akan semakin besar dan menjadi lebih parah.

Risiko luka yang berubah menjadi borok pada penderita diabetes akan lebih besar sekitar 15% dari pada orang normal. Hal ini biasanya terjadi akibat kerusakan pada jaringan saraf yang merupakan komplikasi akibat penyakit diabetes itu sendiri. Borok yang terjadi pada penderita diabetes biasanya disebabkan karena beberapa faktor, antara lain :

  1. kerusakan saraf
  2. sistem kekebalan tubuh menurun
  3. infeksi pada luka
  4. keadaan sirkulasi darah yang memburuk

Untuk merawat luka pada penderita diabetes harus ditangani dengan cara yang tepat dan rutin perlu kesabaran. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan luka :

  1. Rawat dan periksa luka secara rutin

Berawal dari luka yang kecil apabila tidak dirawat dengan baik maka akan menyebabkan tumbuhnya bakteri dan infeksi.

      2. Bersihkan luka

Bilaslah luka di air yang mengalir agar kotoran hilang, tetapi jangan gunakan sabun karena dapat membuat luka menjadi iritasi. Gunakanlah salep untuk mencegah infeksi serta tutup luka dengan menggunakan perban yang steril.

       3. Peiksakan ke dokter

Semakin cepat ditangani oleh dokter semakin baik karena terkadang luka yang kecil dapat menyebabkan luka semakin besar dan parah.

       4. Menghindari kontak fisik pada luka

Sebaiknya tidak memberikan banyak tekanan pada luka, misalnya luka pada telapak kaki maka usahakan untuk tidak berjalan terlalu banyak.

       5. Menggunakan alas kaki yang tertutup

Gunakan alas kaki yang tertutup serta tebal untuk menghindari hal-hal buruk lain yang dapat memperparah luka.

Luka pada penderita diabetes juga harus diobati dari dalam dengan menggunakan obat herbal yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan membantu menyembuhkan luka akibat diabetes.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *