Panduan Kunjungan ke Cirebon untuk yang tidak Bawa Kendaraan Sendiri

Datang ke Kota Cirebon sekarang ini sudah lebih cepat setelah dibukanya akses Tol Cipali. Warga Jakarta dan sekitarnya mulai berdatangan ke Kota Cirebon untuk menjajal kuliner khas Kota Cirebon yang sudah sangat terkenal. Tak hanya itu, kerajinan Batik yang sudah mendunia pun menjadi target kunjungan mereka saat berkunjung ke Cirebon. Tak heran jika sekarang ini jalan Tol Cipali selalu diwarnai kemacetan panjang bagi pendatang yang ingin masuk kota Cirebon.

Namun, anda nggak usah khawatir bakal kesulitan menikmati wisata di Cirebon, baik wisata kulinernya, wisata religi, wisata bersejarah dan wisata belanja tanpa harus kehabisan waktu macet dijalan atau kelelahan sehingga jalan-jalan anda jadi kurang menyenangkan.

Jalur utama ke Cirebon bagi pendatang yang tidak membawa kendaraan dan tidak mau terjebak macet yaitu Kereta api. Kota Cirebon mempunyai dua stasiun kereta api yang menjadi transit kereta api tujuan Jakarta ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur, bahkan banyak kereta api yang tujuan langsungnya ke stasiun Cirebon.

Panduan buat anda yang berkunjung ke kota Cirebon dengan jalur kereta api, bisa gunakan jasa rental atau sewa mobil untuk mengantar jalan-jalan anda ke tempat-tempat tujuan anda. Dari stasiun kereta api, jika ingin langsung menikmati kuliner khas Cirebon sebagai teman sarapan anda, anda bisa langsung ke rumah makan Ibu Nur yang menyediakan Nasi Jamblang. Disini anda bisa memilih sendiri menu makanan yang tersaji ala prasmanan.

Dari Nasi Jamblang Ibu Nur, bagi anda yang ingin wisata religi, bisa langsung ke makam Sunan Gunung Jati yang letaknya hanya kurang lebih dua kilometer. Disana selain anda bisa berziarah juga sekalian sholat Dhuhur di Masjid yang ada di komplek makam Sunan Gunung Jati.

Lanjutkan perjalanan dari makam Sunan Gunung Jati ke Keraton Kasepuhan Cirebon untuk mengenal sejarah kerajaan-kerajaan di Cirebon sekaligus berkunjung ke masjid Agung Sang Cipta Rasa yang letaknya bersebelahan dengan Keraton Kasepuhan Cirebon.

Perjalanan anda bisa dilanjutkan ke wisata belanja Batik Trusmi yang menyediakan beraneka ragam Batik khas Cirebon yang sudah mendunia. Selain berbelanja Batik, anda juga bisa melihat langsung aktifitas para pengrajin batik yang letaknya masih di sekitar pusat Batik Trusmi.

Selesai belanja, perut bisa dimanjakan dengan sajian kuliner khas Cirebon yaitu Empal Gentong yang letaknya tidak jauh dari Pusat Batik Trusmi. Empal Gentong yang sudah sangat terkenal ini sangat cocok dinikmati setelah sehari melepas lelah keliling wisata di Cirebon.

Jalan-jalan anda bisa diakhiri dengan kunjungan ke Masjid Attaqwa yang letaknya di pusat Kota Cirebon atau di alun-alun Cirebon. Dari sini anda bisa langsung kembali ke Kota asal dengan menggunakan kereta api karena letak Masjid Attaqwa sangat dekat dengan stasiun Kejaksan Cirebon.

Untuk menemani anda keliling Kota Cirebon, sewa mobil Cirebon bisa anda hubungi terlebih dulu sehingga anda tidak kesulitan saat datang ke Cirebon. Mobil rental ini akan langsung menunggu anda di stasiun dan sopir yang ramah dan berpengalaman akan siap mendampingi jalan-jalan anda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *